Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home » blog » Jenis Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering kali muncul pada wajah. Namun tak hanya di wajah, di bagian tubuh lain seperti punggung, leher, tangan ataupun kaki jerawat juga dapat tumbuh. Setiap orang pasti pernah merasakan memiliki jerawat. Jerawat sering kali muncul pada usia 14-20 tahun atau biasa kita sebut masa remaja, karena pada saat itu kegiatan yang dilakukan sangat banyak dan sering kali berada di luar ruangan sehingga wajah sering terkena debu kotor yang menempel sehingga menyumbat pori-pori kulit dan akhirnya memicu tumbuhnya jerawat. Walaupun jenis jerawat akan hilang seiring bertumbuhnya usia, namun hal ini dapat membuat kita merasa kurang percaya diri jika terdapat jerawat di wajah kita. Apalagi jika jenis jerawat tersebut hilang namun meninggalkan bekas yang sangat kentara.

Jerawat ini sering kali muncul dengan ditandai bintik timbul pada kulit, yang mana jika bintik ini disentuh akan terasa sakit karena terdapat kotoran berupa nanah yang mengendap di dalamnya. Banyak sekali jenis jerawat yang dapat muncul di wajah, semua itu bergantung pada jenis kulit wajah orang tersebut dan juga jumlah hormon yang dimiliki orang tersebut serta keadaan sekitar orang tersebut. Jerawat yang sering kali muncul di mulai dari jerawat yang mudah hilang dan tidak berbekas,sehingga bekasnya tidak akan timbul pada wajah, sampai jenis jerawat yang sulit sekali dihilangkan bahkan bekasnya dapat bertahan lama di wajah. Berikut akan kami jelaskan jenis jerawat yang kerap muncul pada wajah serta cara mengatasinya. Jika selama ini anda di suguhi promosi berbagai macam merk cream jerawat yang memberikan cara menghilangkan jerawat dalam semalam kita perlu hati-hati pasti ada bahan berbahaya di dalamnya namun dengan menghilangkan jerawat secara alami kita tidak perlu kawatir akan efek sampingnya seperti cara di bawah ini :

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat

1. Jenis Jerawat Biasa

jenis Jerawat biasa Jenis Jerawat ini merupakan masalah jerawat yang paling sering muncul di kulit, cirinya ditandai dengan bintik-bintik kecil yang tumbuh menonjol di kulit, serta terdapat nanah yang terdapat di dalamnya. Jerawat ini sering timbul karena banyak aktifitas yang dilakukan oleh orang tersebut sehingga menyebabkan kulit tertutup oleh kotoran yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori di wajah. Biasanya jerawat ini mudah hilang dan tidak meninggalkan bekas di wajah.

.

.

Cara Mengatasi Jerawat Biasa

Jenis Jerawat ini dapat diatasi dengan seringnya kita mencuci wajah sehabis melakukan aktifitas apapun, terutama jika aktifitas itu berada di luar ruangan yang benyak terdapat bakteri dan juga polusi. Selain itu, kita juga dapat melakukan perawatan secara berkala agar dapat dengan mudah menghilangkan jerawat dan bekasnya. Cara ini dapat dilakukan secara alami serta dapat dengan cepat menghilangkan masalah jerawat seperti menggunakan masker tomat, lemon, alpukat, madu putih telur, kulit jeruk, dan lain sebagainya.

2. Jenis Jerawat Batu

Jenis Jerawat Batu Berikut ialah masalah jerawat yang juga sering timbul di wajah, yakni jerawat batu. Jerawat ini juga termasuk ke dalam golongan jenis jerawaat yang sanagt parah. Ciri jerawat batu ialah bintik-bintik yang timbul sedikit lebih besar dari jerawat biasa. Jerawat ini berwarna merah dan juga meradang. Jika jerawat ini dibiarkan begitu saja maka akan membuat bekas yang akan sulit dihilangkan. Jerawat batu disebut juga Cystic Acne yang muncul di sekitar wajah. Penyebabnya ialah pertumbuhan sel kulit yang tidak normal dan produksi minyak berlebih di wajah.

.

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Cara mengatasi jerawat ini cukup sulit, namun sesuatu sesulit apapun pasti memiliki jalan keluarnya, Termasuk juga jerawat. Jerawat ini dapat dihilangkan dengan cara alami seperti menggunakan masker jeruk nipis, tomat dan juga lidah buaya, atau dapat juga gunakan masker tanah liat untuk mematikan bakteri yang tumbuh pada jerawat batu. Namun, jika jerawat batu yang tumbuh di wajah terlalu parah dapat segera konsultasikan ke dokter.

3. Jenis Jerawat  Komedo

jenis jerawat Komedo Komedo juga merupakan salah satu jenis jerawat. Mengapa disebut sebagai jerawat? Karena, komedo juga terbentuk akibat tertutupnya pori-pori kulit karena sel kulit mati yang terdapat pada kulit juga berlebihnya kelenjar minyak di kulit. Komedo terbagi menjadi dua, yakni komedo yang berbentuk tonjolan putih akibat kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat dan biasa disebut whitehead atau komedo yang tertutup. Sedangkan yang satunya ialah komedo terbuaka atau biasa disebut blackhead dan juga sering timbul di wajah kita karena pori-pori membesar dan menghitam.

.

Cara Mengatasi Jerawat Komedo

Cara mengatasi komedo ialah dengan mengaplikasikan masker putih telur sesering mungkin, karena putih telur mengandung zat yang berfungsi untuk mengangkat komedo dan sel kulit mati di wajah. Caranya cukup mudah, yakni hanya dengan mengoleskan putih telur pada kapas atau kain halus yang bersih, lalu tempelkan pada komedo diwajah, tunggu hingga mengering setelah itu angkat kapas, maka dapat kita lihat komedo menempel pada putih telur yang kering.

4. Jenis Jerawat Jerawat Pasir

jenis Jerawat Pasir jenis Jerawat pasir berbentuk kecil dan tersebar cukup banyak di wajah, hampir seperti komedo, namun jerawat ini memiliki lemak di dalamnya seperti biji nasi. Biji ini biasanya akan keluar jika kita menekan jerawat tersebut. Sebenarnya hal ini tidak boleh dilakukan karena akan menyebabkan semakin bertambahnya jumlah jerawat tersebut.

.

.

Cara Mengatasi Jerawat Pasir

Cara menghilangkan jerawat kecil kecil atau Cara mengatasi jerawat pasir yang paling mudah ialah sering lah mencuci wajah, hal ini dapat menghilangkan kotoran yang menempel di kulit wajah, sehingga tidak akan memicu timbulnya jerawat pasir lebih banyak.

5. Jenis Jerawat  Jerawat Juvenil

Jenis Jerawat Juvenil jenis jerawat berikutnya adalah Jerawat Juvenil jerawat ini sering muncul pada usia remaja, karena pada saat itu pertumbuhan hormon masih kurang stabil. Jerawat ini berwarna merah yang timbul cukup besar dan akan terasa sakit jika di pegang.

.

.

.

Cara Mengatasi Jerawat Juvenil

Cara mengatasi jerawat ini yang paling mudah karena sering terjadi ialah dengan mencuci wajah sesering mungkin, selain itu juga harus mengatur pola tidur yang efidien agar kulit dapat beristirahat sesuai dengan kebutuhannya. Karena setiap kita tidur dengn teratur kulit kita akan bernafas dan mengganti sel kulit lama dengan yang baru, sehingga tidak terjadi pengendapan di dalam sel kulit lama.

6. Jenis Jerawat Jerawat Vulgaris

jenis jerawat Vulgaris jenis Jerawat ini sering terjadi pada seseorang yang beranjak dewasa, yang mana jerawat ini banyak timbul jika seseorang tidak cocok akan kosmetik yang digunakannya. Selain itu juga karena hormon yang kurang stabil. Jerawat ini biasanya berwarna merah dan banyak timbul namun pada satu bagian wajah saja. Jerawat ini juga tidak tersa sakit jika di pegang.

.

.

Cara Mengatasi Jerawat Vulgaris

Cara mengatasi jerawat vulgaris ialah menghentikan pemakaian produk kosmetik yang tanpa ada ijin BPOM. Biasanya kebanyakan jerawat ini sulit disembuhkan secara sendirinya, namun harus menggunakan penanganan dokter spesialis kulit atau dengan cream jerawat. Karena, jika sembarangan mengobati jerawat ini malah akan memperparah keadaan jerawat ini jika anda kesulitan untuk mencari cream yang sudah aman anda bisa cek di artikel kami yang berjudul DAFTAR CREAM PENGHILANG JERAWAT BPOM.

7.  Jenis Jerawat Jerawat Rosacea

jenis Jerawat Rosacea Jerawat Rosacea biasanya terjadi pada seseorang yang berusia 30-50 tahun, karena jerawat ini timbul akibat sel kulit mati yang sulit mengelupas atau dapat dikatakan peradangan kulit sehingga menyebabkan sisisk-sisik di sekitar hidung dan wajah.

.

.

Cara Mengatasi Jerawat Rosacea

jenis Jerawat ini biasanya harus di sembuhkan dengan pengarahan dari dokter spesilis kulit, karena pada jerawat ini sudah sangat parah. Biasanya dokter menyarankan untuk terapi uap dan juga penyinaran menggunakan infra merah yang berfungsi untuk mengeringkan jerawat.

8. Jenis Jerawat Jerawat Nitrosica

jenis jerawat Nitrosica Jerawat ini banyak timbul pada usia 30-40 tahun. Yang mana jerawat ini bermula terlihat seperti bercak hitam yang tumbuh tebal di wajah sehingga jika terus dibiarkan akan membuat pori-pori terbuka lebar dan menyebabkan adanya lubang pada wajah.

.

.

.

Cara Mengatasi Jerawat Nitrosica

Cara mengatasi jerawat ini harus menggunakan petunjuk dari dokter, melalui konsultasi dan perawatan-perawatan dokter seperti laser, sinar merah untuk membunuh bakteri yang terdapat pada jerawat. Selain itu juga rutin mengkonsumsi sayur-sayuran untuk menambah nutrisi kulit yang hilang selama proses penyembuhan.

 Cara Mengatasi Jerawat Lainnya :

Masih banyak lagi jenis jerawat yang biasa muncul pada kulit, namun jenis-jenis jerawat diatas merupakan jenis jerawat yang paling kerap ditemui. Untuk cara mengatasi jerawat lainnya kita perlu memperhatikan pola makan, pola makan yang baik akan membantu proses penutrisian kulit sehingga akan mengurangi tumbuhnya jerawat. Selain itu, biasakan untuk menjaga kebersihan tubuh, terutama pada wajah, karena kebersihan sangat besar pengaruhnya pada pertumbuhan bakteri di kulit. Selain itu biasakan juga merawat wajah menggunakan masker yang dapat kita buat sendiri. Serta kurangi konsumsi gorengan, karena gorengan mengandung banyak sekali minyak yang dapat membuat timbulnya jerawat di wajah.

Kurangi Konsumsi Gorengan

cara mengatasi jerawat Bagi kebanyakan orang, gorengan merupakan jajanan yang sangat lezat sehingga sulit untuk dijauhi. Boleh atau tidak mengkonsumsi gorengan jika kulit kita mudah timbul jerawat? Boleh, asalkan kita dapat mengurangi jumlah konsumsi gorengan tersebut. Karena seperti yang saya sebutkan diatas, bahwa gorengan banyak sekali menyerap minyak, apalagi jika minyak itu telah digunakan berkali-kali, maka akan lebih cepat membuat tumbuhnya jerawat di kulit kita.

.

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Cream Jerawat

cara mengatasi jerawat dengan cream jerawat Selain mencuci wajah sesering mungkin, kita juga perlu melakukan perawatan yang lebih ekstra agar dapat melindungi kulit kita dari bakteri dan polusi yang mudah menimbulkan jerawat, yakni dengan menggunakan cream jerawat yang sesuai dengan jenis kulit yang kita miliki. Cream ini selain berfunsgsi untuk menjaga timbulnya jerawat juga menutrisis kulit agar dapat ternutrisi dan terlindungi dengan baik. Tetapi yang harus di ingat adalah cream untuk jerawat yang kita pakai harus sudah memiliki ijin edar dari BPOM jika anda kesulitan untuk mencari cream untuk jerawat yang sudah aman BPOM anda bisa cek di artikel kami yang berjudul DAFTAR CREAM UNTUK MENGHILANGKAN JERAWAT BPOM.

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Masker Jerawat

cara mengatasi jerawat dengan masker Jerawat Selain menggunakan cream jerawat, kita juga dapat menggunakan masker jerawat yang sesuai juga dengan kulit kita. Namun masker jerawat juga dapat kita buat sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang kandungannya dapat menjaga kulit tubuh kita seperti yang sudah kita bahas sebelumnya di artikel kami yang berjudul Perawatan Wajah Jerawat Secara Alami. Selain itu juga terdapat prodak-prodak yang telah memiliki sertifikasi BPOM yang mana merupakan label pada jenis prodak makanan ataupun obat yang telah aman karena telah teruji secara klinis, seperti halnya paket perawatan wajah Acne yang saat ini banyak di minati oleh masyarakat.

Recent search terms:

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.