Home » blog » Cara Membuat Bumbu Pecel Agar Awet

Cara Membuat Bumbu Pecel Agar Awet

Cara Membuat Bumbu Pecel Agar Awet

Cara Membuat Bumbu Pecel Agar Awet iya banyak orang yang bertanya bagaimana sih cara membuat bumbu pecel agar awet atau tahan lama sebelumnya kita spasti sudah tau bahan-bahan membuat bumbu pecel atau orang blitar biasa menyebut sambel pecel. Bahan-bahan untuk membuat sambel pecel tentu Cabai, Bawang, gula merah, Kacang, dan lain-lain tentu bahan ini mudah sekali membusuk bukan terus gimana dong cara membuat bumbu pecel agar awet dan tahan lama.

Kebetulan kami asli blitar dan ingin berbagi tips resep bumbu pecel yang awet yang tentunya Sambel Pecel Khas Blitar.  Di blitar banyak sekali produsen bumbu pecek tetapi yang terkenal adalah sambel pecel karangsari blitar jika anda orang blitar atau yang pernah lewat pabrik bumbu pecel ini pasti anda akanb mencium bau wangi kacang goreng yang gurih. Atau anda sedang jalan-jalan ke blitar jangan sampai lewatkan anda harus dan wajib berkunjung ke pabrik sambel pecel karangsari blitar untuk membeli bumbu pecel.

Selain sambel pecel karangsari yang terkenal di blitar juga warung pecel yang sangat terkenal yaitu MBOK BARI sedikit aneh sih namanya tapi rasanya sangat rekomendet warung pecel ini mempunyai 6 cabang di kota blitar WOW bukan salah satunya dekat dengan area makam bung karno blitar untuk harganya sangat murah tidak lebih dari 10.000 kok pasti puas.

Kok jadi mlenceng ya hehe tidak apa-apa sekalian promosi kota saya hehe.. okay kembali lagi ke topik awal mengenai Cara Membuat Bumbu Pecel Agar Awet dan bahkan bisa sampai 1 tahun looh geng. Salah satu rahaasia Cara Membuat Bumbu Pecel Agar Awet adalah dari segi bahan baku dan cara pembuatannya nih sangat berbeda dengan cara membuat bumbu pecel pada umumnya.

Berhubung saya asli blitar dan ciri khas orang blitar tidak pelit ilmu hehe.. saya akan memberikan Cara Membuat Bumbu Pecel Agar Awet yaitu :

  • pertama adalah pemilihan Kacang Tanah pilihlah kacang tanah yang besar bagus dan segar jangan memilih kacang tanah yang kecil dan rusak karena akan mempengaruhi rasa jika anda tidak memilih kacang tanah yang baik untuk bumbu pecel pasti rasanya akan ada sedikit pahit-pahitnya gitu.
  • dua cara memasak kacang tanah yang benar untuk bumbu pecel yaitu bukan cara di goreng menggunakan minyak sering kita lihat nasi pecel yang banyak minyaknya itu terjadi karena proses penggorengan kacang tanah menggunakan minyak. Kalau bumbu pecel khas blitar berbeda karena kacang di sangrai bukan menggunakan minyak karena kacang sendiri sudak ada kandungan minyaknya makanya tinggal kita sangrai di wajan yang panas. Tetapi ada yang harus kita perhatikan saat menyangrai kacang tanah kita juga harus selalu membulak-balikkan kacang tanah supaya tidak gosong di sebagian sisi jika gosong sambel pecel akan pahit dan berwarna hitam jika sudah kekuningan maka segera angkat kacang tersebut.
  • Berikutnya untuk bumbu untuk membuat bumbu pecel yaitu prosesnya sama dengan kita membuat kacang jangan sampai di goreng menggunakan minyak. Dan jangan lupa pilihlah bumbu yang masih segar jangan yang layu apalagi cabainya. Setelah semua bumbu di pilih dan di cuci bersih maka tinggal sangrai di atas wajan yang panas tunggu sampai berubah kecoklatan ingat jangan sampai gosong nanti pahit rasa sambel pecel nya.

Kesimpulannya jika kita menggoreng menggunakan minyak bumbu pecel tidak akan awet karena minyak dapat mempercepat pembusukan alih—alih ingin membuat bumbu pecel yang awet malah tidak sampai 1 bulan busuk rugi kan maka dari itu sangarai lah bumbu pecel dan kacang tanah sebelum anda giling.

Kami tidak pelit untuk membagi resep bumbu pecel karena sambel pecel sendiri adalah makanan tradisional yang harus kita jaga dan kita lestarikan itu yang penting.

Aaahhhh ribet yah cara bikinnya harus ini itu ono lah mau makan nasi pecel aja harus ribet hehe tapi tenang kini anda sudah bisa membeli Sambel Secel Khas Blitar dengan cara online hoho kemajuan banget nih makanan tradisional bisa masuk online iya itu adalah salah satu cara kami agar kami dapat memuaskan anda untuk menikmati sambel pecel khas blitar yang asli karena sekarang banyak yang memalsukan sambel pecel khas blitar dan juga tujuan kami ingin terus melestarikan makanan tradisional khas blitar cek saja HARGA SAMBEL PECEL KHASBLITAR yang sudah kami post sebelumnya atau anda bisa langsung hubungi CS kami.

Itulah tadi Cara Membuat Bumbu Pecel Agar Awet dan tahan lama semoga tips dari kami membantu anda dalam pembuatan sambel pecel atau bumbu pecel sampai jumpa pada artikel berikutnya

Recent search terms:

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.