Home » blog » Makanan Khas Jawa Timur

Makanan Khas Jawa Timur

Makanan Khas Jawa Timur – Jawa timur merupakan sebuah provinsi di ujung timur pulau jawa yang berbatasan langsung dengan pulau bali dan jawa tengah. Jawa timur juga mempunyai kota terbesar ke dua di indonesia  yaitu surabaya. Selain menjadi kota yang modrn jawa timur juga masih menjunjung tinggi adat istiadat dan juga makannan tradisional.

Bagi pecinta kuliner jawa timur merupakan surganya kuliner pasalnya di setiap daerah di ujung timur pulau jawa ini pasti mempunyai lebih dari 2 makanan khas tersendiri. Pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai SAMBEL PECEL KHAS BLITAR dan saat ini kita akan membahas mengenai makanan Khas Jawa timur pastinya lebih seru untuk di simak.

Langsung saja deh kita ulas apa saja sist makanan khas jawa timur itu berikut ini adalah sebagian makanan khas jawa timur

Rujak Cingur Surabaya

rujak cingur

Untuk pemanasan kita datengin dulu yuk makan khas dari kota terbesar kedua di indonesia surabaya. Iya surabaya selain menjadi kota yang modrn bisa juga di sebut metropolitan hehe tetapi di surabaya masi terkenal lo dengan makanan khasnya yaitu Rujak Cingur Surabaya.

Rujak cingur adalah olahan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran di campur dengan irisan tahu dan tempe dan ada salah satu bahan yang penting yaitu Cingur. Cingur adalah merupakan bagian tubuh dari sapi tepatnya yaitu hidung sapi ini yang membedakan rujak cingur denga rujak-rujak dari tempat lain dan tak lupa di siam dengan kuah kacang sebagai bumbunya kuah kacang ini hampir sama dengan SAMBEL PECEL BLITAR yang mempunyai rasa pedas tapi bedanya kalau sambel kacang rujak cingur di tambah dengan petis udang.

Nasi Pecel Blitar

sambel pecel khas blitar

Setelah dari surabaya yukkkk kita mampir ke bumi Bung Karno ya BLITAR salah satu kota kecil di jawa timur yang menyimpan sejuta wisata dan tentunya kuliner dari berbagai macam kulinet blitar ada salah satu kuliner yang sangat di mendunia hehe lebay ya hehe tapi jangan salah SAMBEL PECEL KHAS BLITAR sangatlah terkenal di indonesia bahkan sampai ke luar negri.

Nasi pecel blitar sangat mudah di jumpai di penjuru blitar apa lagi waktu pagi hari di pingir jalan pasti ada yang jual nasi pecel khas blitar ini. Nasi pecel khas blitar sendiri terdiri dari nasi hangat, sayuran, lauk pauk dan tentunya SABEL PECEL KHAS BLITAR salah satu bumbu pecel yang mempunyai citarasa yang lumayan pedas cocok bagi anda yang gemar makan makanan pedas.

Jadi jika anda berkunjung ke blitar sempatkanlah mencicipi kelezatan dari nasi pecel Khas Blitar ini rugi deh jika anda tidak mencobanya. Ingin di bawa pulang bisa kini SAMBEL PECEL KHAS BLITAR juga sudah di kemas sedemikian rupa untuk memudahkan anda untuk menjadikannya oleh-oleh langsung saja darang ke toko Sambel Pecel Karangsari Blitar.

Nasi Lodho Tulungagung

nasi lodho

Dari Blitar Jalan lagi kebarat dikit yuk ke Tulungagung, eezz bukan pantai popoh yah yangkitabahas di sisni tetapi makanan khas tulungagung ada satu makanan di tulungagung yang pastinya anda ketagihan yaitu Nasi Lodo Tulungagung, salah satu kuliner yang terbuat dari daging ayam kampung yang masi muda dicampur dengan rempah-rempah lodo yang di masak lama sampai daging ayam empuk. Setelah matang kita bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat huuuuhhhhh rasanya pedas, gurih, nikmat deh pokoknya di mulut.

Rujak Soto Banyuwangi

rujak soto

beda dengan rujak cingur yang dari surabaya rujak kali ini mempunyai kuah nih geng. Makanan khas banyuwangi ini memang sedikit aneh tapi untuk rasanya jangan di tanya makknyuuss di lidah yaitu rujak yang di campur dengan kuah sito panas perpaduan gurihnya rujak berpadu mesra dengan kuah soto yang nikmat membuat kita ketagihan hehe….

Soto Dok Jombang

soto dok

Kota santri nih geng hehe sambil melihat para santri yang lewat ciiee ciee tidak ada salahnya kita mampir ke warung  yang menjual makanan khas jombang yaitu sosto dok lucu yah namanya pakek DOK lagi iya selain di lamongan jombang juga mempunyai soto tapi bedanya pada cara buatnya nih setelah semua racikan soto di taruh dalam mangkuk dan di siram kuah soto yang lucu waktu ngasih kecapnya yaitu dengan cara di pukulkan kemeja dlu dengan keras bagi yang belum pernah jangan kaget yah jika anda mendengar hentakan dari botol kecap nya.

Tahu Tek Tuban

tahu tek

Tuban selain dikenal kota wali juga terkenal dengan makan yang ueeenak banget yaitu tahu tek yaitu campuran lontong, toge, tahu dan di siram bumbu kacang hampir sama dengan SAMBEL PECEL KHAS BLITAR tapi yang unik cara memotong tahunya yaitu menggunakan gunting dan ber bunyi tek.. tek.. tek.. maka dari itu orang tuban menyebutnya Tahu tek simple amat yah hehe..

Pecel Lele Lamongan

pecel lele

Pecel lele lamongan bukan Cuma blitar aja yang mempunyai Sambel pecel lamongan juga punya tapi bedanya kalau lamongan lauknya berupa ikan lele goreng yang gurih-gurih ennyoi.. apa lagi berpadu dengan bumbu pecel biasanya para penjual menggunakan SAMBEL PECEL KHAS BLITAR karena sangat cocok dengan rasa bumbu pecel yang pedas bercampur daging lele goreng yang gurih.

Rawon Pasuruan

nasi rawon

Kota pasuruan juga tidak mau kalah nih dia mengeluarjan jurus rawon pasuruan hehe kayak apa aja sih. Rawon siapa sish yang tidak kenal dengan nasi rawon nasi daging sapi yangdi guyur kuah rawon yang berwarna hitam di campur sambel trasi yang mak nyos membuat lidah anda tidak mau berhenti mengunyah, kuah rawon yang hitam karena kuah rawon menggunakan salah satu bumbu yang berwarna hitam yaitu kluwak tapi jangan salah hitamnya itu yang membuat makanan ini menjadi enak.

Bakso Malang

bakso malang

Bakso bulat seperti bola pimpong. .. kalau lewat membikin perut kosong. .. kalu di pikir-pikir bener juga yah lagu itu siapa sih yang tidak tergoda dengan Bakso apa lagi bakso asli kota malang daging bakso yang lembut, kuah yang gurih, gorengan yang kriuk lengkap deh pokoknya sudah tidak bisa berkata-kata lagi pokoknya jangan lupa mampir beli bakso ya jika ke kota malang.

Itulah tadi beberapa makanan khas jawa timur yang patut anda coba dan pastinya masih banyak lagi makanan khas jawa timur lainnya yang belum kami ulas soalnya capek nilis hehe..

Semoga artikel yang kami buat ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin jalan-jalan ke jawa timur sekian terimakasih sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya.

Recent search terms:

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.