Home » blog » Tips memilih lokasi untuk mendirikan tenda dome

Tips memilih lokasi untuk mendirikan tenda dome

Tips memilih lokasi yang tepat mendirikan tenda dome

Tenda dome merupakan salah satu penglengkapan yang paling utama saat kita melakukan camping, tentunya lebih dari sehari kita melakukan pendakian pemilihan lokasi yang tepat untuk mendirikan tenda sangatlah di perhatikan karena lokasi yang tepat dapat membuat nyaman dan aman saat kita beristirahat.

Banyak sekali faktor yang harus kita perhatikan disaat menentukan lokasi untuk mendirikan tenda dome selain lokasi kualitas tenda juga harus kita cermati usahakan menyewa tenda dome atau membeli tenda dome sesuai dengan yang kita perlukan misalnya kita melakukan kegiatan outdoor hanya berdua untuk tenda dome pilihlah yang berkapasitas dua orang seperti halnya Tenda Dome Great Outdoor 2 Orang , jika lebih dari 2 orang 4 orang misalnya kita juga bisa menggukan Tenda Dome Great Outdoor Camp 4 yang berkapasitas 4 orang yang terpenting jangan sampai melebihi kapasitas karena jika melebihi kapasitas tenda dome kita tidak akan nyaman ketika beristirahat.

Di bawah ini beberapa tips untuk memilih lokasi yang tepat untuk mendirikan tenda dome adalah ;

Pilih lokasi yang dekat dengan sumber air

Untuk yang pertama pilihlah lokasi yang berdekatan dengan sumber air entah itu sungai ataupun danau, lokasi yang dekat dengan sumber air merupakan lokasi yang strategis karena air sangatlah di butuhkan untuk bercamping jadi jika kita butuh air sewaktu-waktu untuk memasak ataupun minum sangatlah gampang untuk mendapatkannya.

Tetapi kita juga harus perhatikan jarak tenda dome dengan jarak sungai jangan terlalu dekat dengan sumber air perkirakan jarak antara 30 meter sampai 50 meter untuk mengantisipasi kalau air utuk pasang .

Perhatikan lokasi sekitar kita

Memperhatikan lokasi di sekitar tenta juga sangatlah penting untuk menghindari bahaya yang sewaktu-waktu akan terjadi seperti pohon tumbang, tanah longsor, longsoran batu, atau tanah yang labih sebisa mungkin kita menghindari lokasi-lokasi tersebut demi keslamatan dan kenyamannan anda saat beristirahat di dalam tenda dome.

Keadaan tanah

Untuk kenyamannan disaat anda tidur pilihlah keadaan tanah yang datar sebisa mungkin anda harus menghindari keadaan tanah yang berkerikil, berbatu, atau keadaan tanah yang banyak dengan akar pepohonnan selain mengganggu kenyamannan anda saat tideur pastinya juga akan merusak tenda dome yang kita punya karena dapat merobek tenda.

Perhatikanlah juga apakah keadaan tanah yang kita dirikan tenda berbentuk cekungan atau datar yang bisa menimbulkan genangan air pada saat hujan turun karena tenda yang tergenang air saat kita berkemah justru akan merepotkan kita di saat mengemas tenda.

Pehatikan jalur pendakian

Usahakan untuk mendirikan tenda dome agak jauh dari jalur pendakian karena akan mengganggu istirahat anda di jalur pendakian banyak sekali pendaki yang lalulalang naik dan turun gunung kita pasti akan terganggu dengan suara bising ataupun suara langkah kaki para pendaki. Selain mengganggu istirahat kita mendirikan tenda dome di sekitar jalur pendakian juga akan mengganggu para pendaki lain yang menggunakan jalur tersebut karena terhalang oleh tenda yang kita dirikan.

Kondisi angin

Jika anda sudah berada di lokasi tujuan atau di area yang di kususkan untuk mendirikan tenda dome selalu perhatikan arah angin, jangan mendirikan tenda di area yang terbuka di kawatirkan jika ada badai yang datang tenda akan roboh carilah lokasi agak berdekatan dengan pohon yang mampu menahan angin yang lumayan kencang tentunaya kita tidak ingin bukan jika enak-enak tidur tiba-tiba tenda kita terbalik. Selain tenda dome kita akan terbalik lokasi berkemah yang berangin keadaan udara juga akan semakin dingin.

Perhatikan jarak dengan tenda dome pendaki lain

Disaat hari libur atau disaat musim pendakian tentunya lokasi untuk berkemah akan ramai dengan para pendaki dari berbagai wilayah yang berdatangan suasana perkemahan pun juga akan ikutan ramai atau bising jika kita menginginkan suasana yang tenang dan damai carilah lokasi agak jauh dari lokasi yang telah di sediakan untuk bekemah. Namun jika kita sudah capek atau sudah malah untuk mencari lokasi lain terpaksa kita akan mendirikan tenda di tempat yang ramai itu tetapi meskipun ramai usahakan jangan terlalu berdekatan dengan tenda dome pendaki lain kita juga harus menghargai privasi mereka maka usahakan memberi jarak antar tenda.

Jangan merusak ekosistem sekitar

Karena keadaan lokasi mendirikan tenda yang ramai terkadang ada beberapa pendaki yang membuka lahan baru untuk mendirikan tenda mereka itu sangatlah tidak dibolehkan karena dapat merusak tumbuh-tubuhan yang ada di alam dan merusak alam bertentangan denga jiwa pencinta alam yang di wajibkan menjaga kelestarian alam sekitar dan satu lagi yang terpenting ambil kembali sampah makanan maupun minuman yang kita buang.

Berikut tadi beberapa Tips memilih lokasi yang tepat mendirikan tenda selalu perhatikan keamanan dan kenyamannan saat kita berkemah siapkanlah obat-obatan dan peralatan outdor yang memadai jika anda kesulitan mencari ada bisa membeli melalui toko online seperti alphaadventure.net semoga artikel yang kami bagikan membantu anda dalam bercamping.

Recent search terms:

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.